Monday 18 March 2013

Sejarah dan Struktur Organisasi Coklat

Sejarah Coklat UNS :

                                

Berawal dari tahun 2004, sejumlah mahasiswa UNS yang berasal dari klaten yang sering kumpul bersama memiliki sejumah gagasan/ide untuk mendirikan sebuah komunits daerah. Baru pada tahun 2006 dimana resmi memiliki nama COKLAT UNS. COKLAT memiiki arti Community Of Klaten, sedangkan UNS adalah tempat anggota menempuh ilmu (UNS adalah Universitas Sebelas Maret, berada di Kota Surakarta) jadi Makna dari COKLAT UNS adalah komunitas mahasiswa dari Klaten yang menempuh ilmu di UNS. Komitmen kami adalah sebagai komunitas mahasiswa yang senantiasa mengabdi kepada kota asal dengan berbagai kegiatan-kegiatannya. Dan sebagai tempat berkumpul dengan teman satu kota.



Struktur Organisasi :



Keterangan : 


1. Ketua Umum 
Ketua umum adalah amanah paling tinggi di komunitas ini, seperti di organisasi dimanapun, tugas ketua umum adalah penggerak organisasi dan mengatur seluruh kegiatan, anggota, dan sie-sie yang ada. Masa jabatan 1 periode adalah satu tahun yang dipilih berdasarkan suara terbanyak saat kegiatan makrab diadakan. Periode 2012-2013, coklat dipimpin oleh Alfin Maulana, seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS angkatan 2011 berdasarkan keputusan makrab pada akhir November 2012 menggantikan Hafizt yang sebelumnya adalah ketua umum coklat di periode 2011-2012. Profil lengkapnya bisa dilihat di :
Facebook  : www.facebook.com/alfin.maulana,  @alfienoleonard
Blog         : alfinmaulana11.blogspot.com
e-mail       : Steven_alfienky@yahoo.com

2. Wakil Ketua 
Tugas wakil ketua adalah membantu meringankan tugas dari ketua umum. Wakil ketua periode 2012-2013 adalah Lutfi Mufidatul Khasanah yang dipilih oleh ketua umum.
Profil Lengkapnya bisa dilihat di :

3. Sekretaris
Bertugas di urusan kesekretariatan. Tentang surat menyurat, pembuatan proposal kegiatan, dokumentasi surat. Periode 2013-2013 dijabat oleh Ismi Lativah sebagai sekretaris I dan Yuyun Puspitasari sebagai sekretaris II.
Profil lenkapnya bisa dilihat di :
Ismi Lativah          : www.facebook.com/ismii.latiivah, @ismilativah
Yuyun Puspitasari : www.facebook.com/yuyunradika, @nyuunyuuun

4. Bendahara 
Bertugas sebagai pengelola pemasukan dan pengeluaran keuangan di coklat. Periode 2012-2013 dijabat oleh Anjani. Berikut profil lengkapnya :

5. Sie Jarkom
Bertugas sebagai jaringan komunikasi ke seluruh anggota di seluruh kegiatan di coklat. Periode 2012-2013 dijabat oleh Eka Ariyanti. Berikut profil lengkapnya :
Facebook : www.facebook.com/ekka.liviia, @ekkalivia

6. Sie Sosmed (Sosial Media)
Bertugas sebagai mengatur seluruh informasi dari keseluruhan kegiatan melalui dunia maya. Ini adalah sie baru atas usulan ketua umum yang periode sebelumnya belum ada. Periode 2012-2013 dijabat oleh :
Arif Kurniawan, Yuyyun Puspita, Alvin Maulana, Berliana Kusuma W (konsentrasi di Facebook dan Twitter)
=> www.facebook.com/vanKoerniawanjt@vanKoerniawanjt
=> www.facebook.com/yuyunradika, @nyuunyuuun
=> www.facebook.com/alfin.maulana, @alfinoleonard
=>

El Mila Ifada (konsentrasi di Blog) 
=> www.facebook.com/milaa.miloo, @elmillaifada

7. Sie SDM 
Seperti sie sosmed, sie SDM juga divisi baru yang periode sebelumnya belum ada. Divisi ini berdiri atas usulan ketua umum yang bertujuan untuk mencari anggota dan mempererat anggota coklat. Periode 2012-2013 dijabat oleh :
Huda Muhammad => www.facebook.com/huda.muhammad, @hudajaaa
Sidiq Pranoto        => www.facebook.com/sidiksedut, @sedutsenudt
Mulyono              => www.facebook.com/mul.ngangungngangung@mul_capoengg 

8. Dewan Penasihat 
Bertujuan untuk mengontrol ketua umum dan seluruh kegiatan coklat. Periode 2012-2013 dijabat oleh Titis dan seluruh anggota coklat angkatan sebelumnya.

9. Anggota
Syarat menjadi anggota coklat adalah mahasiswa UNS di seluruh Fakultas yang berdomisili di Klaten. Jumlah anggota di coklat periode 2012-2013 adalah sekitar 90 orang berdasarkan panitia TO yang sudah terlaksana.






2 comments: